Glass Beach, Pantai Unik Berisi Kaca Berbagai Warna

 

Apa yang biasanya kamu lakukan saat berwisata ke pantai? Untuk kamu yang tidak berminat berenang di laut, mungkin berjalan menyusuri tepi pantai sambil menikmati lembutnya pasir pantai dan indahnya suasana alam akan menjadi pilihan. Namun, bagaimana jika pasir pantai yang biasanya lembut justru berisi pecahan kaca? Duh, menakutkan ya?

Jangan takut dulu, karena ternyata hal tersebutlah yang menjadikan salah satu pantai di California Amerika Serikat bernama Glass Beach menjadi unik. Kenapa bisa begitu ya?

Ternyata, pantai ini dulu merupakan tempat pembuangan berbagai sampah oleh masyarakat yang tinggal di Fort Bragg, California. Namun sampah yang dibuang bukanlah sampah rumah tangga atau sampah organik, melainkan sampah elektronik. Dari mulai televisi, kulkas, bahkan juga mobil yang sudah tidak terpakai. Membuang sampah ke laut yang terdekat dengan mereka memang manjadi kebiasaan yang umum dilakukan pada awal abad ke-20. Jumlah sampah yang dibuang sangat fantastis hingga membentuk tumpukan sampah yang cukup tinggi.

Sekitar tahun 1960-an kebiasaan ini mulai dihentikan dan pantai ini kemudian mulai ditinggalkan begitu saja. Penyebabnya adalah karena penutupan area yang dilakukan oleh Water Resources Control Board California. Pada tahun 1990 akhirnya pantai ini mulai dilakukan proses pembersihan. Namun bukan hal yang mudah untuk membersihkan area ini terutama berbagai pecahan kaca yang berasal dari elektronik rumah tangga dan mobil, sehingga pecahan kaca tersebut dibiarkan begitu saja.

Apalagi tekanan ombak yang menabrak tumpukan sampah tersebut menyebabkan kaca-kaca pecah menjadi serpihan lebih kecil sehingga sulit untuk dibersihkan. Tidak hanya itu, potongannya juga menjadi halus dan menyerupai batu warna-warni yang memenuhi area pantai sehingga membuat pantai ini menjadi unik dan menarik.

Nah, jika kamu penasaran dengan pantai unik ini, yuk mulai rencanakan perjalananmu ke California, Amerika Serikat. Cobalah mulai mencari informasi tiket murah dan asuransi perjalanan murah yang saat ini banyak tersedia secara online. Tidak perlu khawatir dengan keamanan pantai ini, karena meskipun banyak pecahan kaca tetapi pantai ini aman untuk dikunjungi. Namun tetap disarankan kamu menggunakan alas kaki yang tertutup ya saat mengunjunginya.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan yaitu, jangan pernah mengambil pecahan kaca di pantai ini meskipun hanya satu buah, karena dapat merusak keindahan pantai ini. Menurut penduduk lokal, awalnya pantai ini dipenuhi oleh pecahan kaca warna-warni, tetapi sekarang mulai menipis. Banyak pengunjung yang datang mengambil pecahan kaca tersebut untuk di bawa pulang dan dijadikan kenang-kenangan. Padahal sudah ada peringatan bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Jadi kamu jangan ikut-ikutan melanggarnya, ya!