Festival Telok Abang, Perayaan Seru HUT RI di Palembang

Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia biasanya identik dengan pagelaran musik atau berbagai lomba tradisional. Seperti lomba balap karung, makan kerupuk, dan sebagainya. Namun, bukan berarti sebuah daerah tidak boleh mengadakan acara lain diluar kebiasaan. Seperti perayaan kemerdekaan yang ada di Palembang. Di daerah tersebut, diadakan sebuah festival khusus yang bernama Festival Telok Abang sebagai bagian dari acara perayaan HUT RI.

Festival Telok Abang merupakan sebuah festival turun temurun yang diadakan setiap tahun untuk merayakan hari kemerdekaan RI. Bahkan, festival ini sudah masuk ke dalam agenda Dinas Pariwisata sebagai salah satu festival untuk mendatangkan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Sesuai dengan namanya yaitu Telok Abang yang berarti telur merah dalam bahasa Palembang, festival ini memang menggunakan telur berwarna merah yang didapatkan dengan cara dicat.

Pada awalnya, telur yang digunakan dalam festival ini adalah telur itik, tetapi sekarang sudah diganti dengan telur ayam. Telur yang telah dicat berwarna merah, kemudian ditancapkan pada miniatur pesawat atau perahu yang terbuat dari kayu atau gabus. Pesawat dan perahu dipilih karena melambangkan kapal dan pesawat perang penjajah pada zaman penjajahan terdahulu. Sementara telur yang ditancapkan melambangkan keberanian pejuang Indonesia melawan penjajah meskipun hanya menggunakan sejata tradisional seperti bambu runcing. Pada akhir acara, telur tersebut akan diperebutkan oleh peserta festival.

Meskipun warna merah pada telur adalah hasil cat, tetapi telur ini aman dikonsumsi. Sebab, pewarna yang digunakan untuk mengecat telur ini adalah pewarna makanan. Acara ini umumnya diadakan pada tanggal 13 atau 14 Agustus. Untuk tahun 2018 ini, festival Telok Abang akan diadakan pada tanggal 14 Agustus 2018 di Plaza Benteng Kuto Besak. Nah, jika kamu tertarik memeriahkan festival ini, maka bisa segera merencanakan liburan HUT RI ke Palembang. Jangan lupa, lindungi perjalananmu dengan asuransi perjalanan dalam negeri dari MSIG. Dengan melindungi perjalanan menggunakan asuransi, kamu tidak perlu pusing memikirkan risiko financial saat ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Jadi, kamu bisa menikmati perjalanan dan festival tersebut dengan tenang.