Fadiouth Senegal, Pulau Indah yang Dipenuhi Kerang

Pernahkah kamu membayangkan tinggal di sebuah pulau yang tak berpasir atau tak memiliki tanah sama sekali? Mungkin kamu tidak pernah membayangkannya atau malah berpikir, bagaimana mungkin ada tempat yang tidak memiliki pasir atau tanah? Namun, kenyataannya tempat seperti itu memang ada, di sebuah pulau bernama Fadiouth Senegal atau yang sering juga disebut Fadiouth Shell Island.

Fadiouth adalah sebuah desa di salah satu pulau di Senegal yang seluruh jalannya tertutup oleh berlapis-lapis kerang hingga mungkin kamu tidak akan bisa menemukan dasarnya. Lapisan kerang ini sudah terbentuk sejak bertahun-tahun yang lalu. Beberapa kerang bahkan sudah hancur karena terinjak-injak setiap harinya. Diperkirakan, jutaan kerang ini berasal dari gelombang pasang yang terjadi beribu tahun lalu dan mendorong kerang ke area tersebut hingga menjadi fosil kerang.

Keunikan lain yang dimiliki desa ini yaitu, kerang tidak hanya ditemukan pada area jalan saja, tetapi juga dijadikan bahan arsitektur beberapa bangunan di sana dan bahan untuk produk kerajinan. Bahkan, beberapa bangunan penting di sana, seperti Gereja dan Masjid, menggunakan kerang sebagai bahan utamanya.

Kuburan merupakan salah satu objek wisata utama yang pastinya akan dikunjungi oleh setiap wisatawan yang datang. Mengapa kuburan? Karena seluruh lapisan kuburan juga tertutup oleh kerang sehingga terlihat berbeda. Selain itu, seluruh kuburan memiliki tanda salib. Hal yang wajar, karena mayoritas penduduk pulau ini beragama Kristen walaupun Senegal termasuk negara muslim dengan 90% penduduknya beragama Islam. Meskipun begitu, mereka semua hidup berdampingan dengan rukun.

Pulau ini memiliki panjang hanya sekitar 500 meter dan penduduknya mencari penghasilan dengan berdagang berbagai jenis moluska, terutama tiram. Untuk kamu yang tertarik mengunjungi pulau ini, kamu harus menyebrangi jembatan dengan berjalan kaki dari pulau utama. Hal lain yang harus kamu ingat yaitu, ada baiknya jika kamu menggunakan alas kaki yang nyaman dan cukup tebal. Sehingga kamu tidak akan merasa sakit saat berjalan di atas kerang yang memiliki sisi tajam. Nah, supaya kamu bisa merasa lebih tenang saat berwisata tanpa khawatir dengan adanya risiko, jangan lupa untuk mendaftarkan wisatamu dalam perlindungan asuransi perjalanan internasional. Asuransi ini akan melindungimu dari kerugian finansial saat terjadi risiko, sehingga kamu bisa benar-benar merasa tenang.