Cicipi Nikmatnya Menu Buka Puasa di Berbagai Negara Ini

Selain kesempatan untuk lebih giat beribadah, salah satu hal yang ditunggu-tunggu saat bulan puasa adalah menu berbuka yang bervariasi. Kalau di Indonesia, terdapat berbagai menu khas seperti kolak pisang, es buah, gorengan, dan jajanan pasar lainnya. Namun, bukan hanya Indonesia saja lho, yang menyajikan menu khas saat berbuka puasa. Di berbagai belahan bumi lainnya juga terdapat banyak hidangan khas dan nikmat untuk berbuka puasa. Yuk, intip!

  • Piyaji, Bangladesh

Ternyata bukan hanya masyarakat Indonesia saja yang gemar berbuka puasa dengan gorengan. Di Bangladesh, terdapat sebuah makanan khas yang bernama Piyaji. Makanan ini sekilas memang tampak seperti gorengan biasa. Akan tetapi, bahan dasar yang digunakan cukup unik. Piyaji terbuat dari kacang lentil dan bawang serta cabai hijau yang dicincang. Piyaji biasanya disebut juga dengan Onion Pakoda. Bagi penggemar gorengan yang gurih dan sedikit pedas, pasti Piyaji akan jadi hidangan favorit saat berbuka!

  • Aseeda, Sudan

Sudan merupakan negara yang terletak di timur laut benua Afrika. Sudan juga merupakan negara terbesar ketiga di Afrika yang sebagian besar ditempati oleh penganut agama Islam. Jadi, tak heran kalau di Sudan juga terdapat berbagai makanan khas yang disajikan pada bulan Ramadan. Salah satu makanan yang dinanti untuk berbuka puasa adalah Aseeda. Sajian ini terbuat dari adonan tepung gandum yang tampilannya menyerupai donat. Aseeda biasanya disajikan dengan topping madu dan butter, sehingga bercita rasa manis dan sedikit gurih. Hmm, tertarik untuk mencoba?

  • Harira, Maroko

Maroko juga punya cara tersendiri untuk menikmati buka puasa. Biasanya, masyarakat di sana menyediakan berbagai sajian seperti kurma dan beberapa makanan manis untuk berbuka. Salah satu menu utama yang paling ditunggu-tunggu adalah Sup Harira. Sup ini terbuat dari kacang lentil dan saus tomat. Biasanya Sup Harira dinikmati dengan roti isi khas Maroko.

  • Arroz Caldo, Filipina

Beralih ke belahan Asia Tenggara, Filipina juga punya menu favorit untuk berbuka puasa. Makanan khas Filipina ini bernama Arroz Caldo yang tampak seperti sup ayam dengan tekstur yang lebih kental dan aroma yang lebih kuat. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Arroz Caldo di antara lain adalah bawang putih bakar, daun bawang, bahkan bumbu jahe. Rasanya yang kuat dan hangat memang sangat cocok menjadi sajian utama saat berbuka.

Hmm, pasti kamu penasaran bagaimana rasa hidangan khas buka puasa di atas, bukan? Daripada hanya membayangkannya, lebih baik langsung saja kunjungi negara-negara tersebut saat bulan Ramadan! Dengan asuransi perjalanan terbaik, kamu tidak perlu takut menanggung kerugian atas risiko perjalanan yang mungkin dihadapi. Pastinya akan sangat seru kalau kamu bisa mencicipi makanan khas negara lain sambil berwisata selama bulan Ramadan!