Bioluminescent Beach, Pantai dengan Keindahan yang Luar Biasa

Pernah melihat gambar pantai yang airnya menyala dalam gelap? Kalau kamu menganggap gambar tersebut merupakan hasil editan, maka kamu salah. Pemandangan unik ini terjadi akibat reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh biota laut. Kemampuan bioluminescent ini biasanya digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis atau sebagai cara untuk melindungi diri, bahkan dari hal yang paling sederhana seperti ombak.

Coba bayangkan, betapa indahnya pemandangan langit malam disertai dengan air laut yang menyala seperti gugusan bintang. Namun, fenomena ini hanya bisa ditemukan di pantai-pantai tertentu. Nah, berikut inilah beberapa pantai bioluminescent di dunia yang keindahannya akan membuatmu takjub.

  • Vaadhoo Island, Maladewa

Pada malam hari pantai di Maladewa ini akan tampak memancarkan cahaya kebiruan. Pasalnya, cahaya ini dihasilkan oleh makhluk bersifat bioluminescent, yakni Crustasea ostracoda. Makhluk laut ini menggunakan cahaya untuk mencari pasangan dan juga sebagai bentuk perlindungan diri.

  • Mission Bay, San Diego

Di San Diego, terdapat juga Mission Bay yang dipenuhi dengan ganggang bioluminescent. Pada siang hari, ganggang ini akan membuat warna pantai menjadi kemerahan dan memunculkan warna biru neon pada malam hari. Namun, ganggang bioluminescent ini bisa beracun, jadi para pengunjung disarankan tidak menyentuh air laut. Sebagai gantinya, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan ini dengan menaiki kayak.

  • Mosquito Bay, Puerto Rico

Berkat tanaman laut bioluminescent bernama dinoflagellata, Mosquito Bay yang terletak di selatan pulau ini menjadi lokasi bioluminescent yang paling terang. Jumlah dinoflagellata di Mosquito Bay ini sangatlah banyak, sehingga tak heran kalau cahaya yang dipancarkan begitu terang.

  • Okayama, Jepang

Vargula hilgendorfii atau yang juga dikenal sebagai “kunang-kunang laut” merupakan jenis cumi-cumi yang memancarkan cahaya pada sebagian tubuhnya. Makhluk bioluminescent ini merupakan alasan mengapa garis pantai di sepanjang laut pedalaman Seto dari Kyushu ke Awajishima memancarkan cahaya biru yang cantik pada malam hari. Jika ingin melihat fenomena ini, berkunjunglah ke Okayama pada musim panas.

  • Bermuda

Jika berniat untuk berlibur ke Bermuda, maka datanglah antara bulan Mei dan November. Pada bulan-bulan tersebut, terdapat glow worms atau fire worms, yakni cacing kecil di lautan yang akan memancarkan cahaya hijau neon untuk menarik lawan jenisnya. Fenomena ini dapat disaksikan dengan jelas dari Ferry Reach Park, Flatt’s Inlet, atau kapal pesiar yang disediakan oleh perusahaan lokal.

Jika ada kesempatan, pergilah ke salah satu pantai bioluminescent ini paling tidak sekali dalam seumur hidup. Tak perlu khawatir, asuransi perjalanan ke luar negeri akan senantiasa menemani dan melindungimu dari kerugian finansial yang dialami akibat risiko perjalanan yang mungkin terjadi. Kamu pun bisa menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dengan tenang dan nyaman!