Binarundak, Tradisi Hari Lebaran di Sulawesi Utara

Mungkin tidak semua daerah memiliki tradisi khusus untuk merayakan Hari Lebaran selain tradisi silaturahmi setelah Shalat Ied. Namun, ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki sebuah tradisi khusus yang dilakukan hanya saat Idul Fitri saja. Ada yang dilakukan tepat di hari Idul Fitri, ada juga yang dilakukan beberapa hari setelahnya, seperti tradisi Binarundak di Sulawesi Utara.

Tradisi ini dinamakan Binarundak karena kegiatan yang dilakukan adalah membakar binarundak atau lemang. Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun pada hari ketiga setelah lebaran oleh warga di Kota Kotamobagu. Sebenarnya, tradisi ini bukanlah sebuah tradisi turun temurun, hanya saja sudah dilakukan secara rutin beberapa tahun belakangan. Hingga saat ini, tradisi Binarundak sudah dianggap menjadi kebiasaan yang harus dilakukan. Bahkan, tradisi ini sudah menjadi ikon dan didirikan sebuah Tugu Binarundak setinggi 18 meter yang diresmikan oleh Walikota Kotamobagu pada 2 Agustus 2014 yang lalu.

Tradisi Binarundak dimulai sejak pagi hari. Para wanita akan terlihat mulai sibuk meracik bumbu dan beras ketan yang akan dibakar dalam bambu nanti. Sementara untuk para pria, akan menyiapkan tempat pembakaran binarundak, termasuk apa saja yang dibutuhkan untuk membakar nanti. Sebelum bambu diisi dengan beras ketan, bagian dalam bambu akan dilapisi oleh daun pisang terlebih dahulu. Rasa binarundak ini sangat gurih karena terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan rempah-rempah. Untuk proses pembakarannya sendiri, membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Selama proses pembakaran, bambu harus sering diputar agar pembakaran dapat merata ke seluruh sisi bambu.

Tradisi ini terus dipertahankan karena suasana yang dirasakan oleh warga saat melakukan kegiatan pembakaran binarundak. Sebab, banyak warga yang merantau ke daerah lain dan baru pulang saat lebaran. Dengan adanya tradisi ini, semua warga yang merantau akan dapat saling berbaur bersama dan saling bersilaturahmi.

Jika kamu tertarik ingin merasakan keakraban warga dan sekaligus mencicipi nikmatnya binarundak bakar ini, coba saja datang ke Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara. Kamu bisa menambah kenalan baru dengan mengobrol bersama warga disana. Jangan lupa, lindungi perjalanan kamu dan keluarga dengan Asuransi Perjalanan Keluarga agar perjalanan kamu terasa aman dari risiko finansial. Apalagi, pada masa lebaran, melakukan perjalanan akan lebih berisiko dibandingkan dengan waktu lain karena tingkat kepadatan lalu lintas yang sangat tinggi. Jadi, membeli Asuransi Perjalanan Keluarga adalah pilihan yang tepat.