Biar Tetap Seru, Ketahui 6 Trik Liburan Saat Cuaca Buruk Ini!

Cuaca memang berpengaruh pada “mood” atau suasana hati saat berlibur. Namun, jangan sampai liburanmu terganggu hanya karena cuaca buruk. Meskipun telah memantau prediksi cuaca, terkadang hujan atau cuaca buruk lainnya bisa datang kapan saja. Terlebih lagi jika kamu sudah berniat untuk mengunjungi wisata outdoor tapi tiba-tiba hujan turun. Pastinya agenda yang sudah kamu rencanakan jadi berantakan. Namun jangan khawatir, ada banyak cara untuk membuat liburan tetap seru meskipun cuaca buruk!

  • Gunakan outfit yang pas

Pernah mendengar istilah sweater weather? Istilah ini menggambarkan cuaca yang dingin di mana pas untuk memakai sweater sebagai penghangat. Saat musim hujan, tentunya kamu perlu menyesuaikan pakaian yang kamu gunakan. Meskipun ketika kamu berangkat cuacanya masih cerah, sebaiknya persiapkan pakaian yang pas untuk hujan. Misalnya seperti outer, celana dengan bahan yang mudah kering saat terkena air, serta alas kaki yang tidak licin.

  • Jas hujan dan payung wajib ada

Sedia payung sebelum hujan perlu Anda terapkan saat berlibur dikala cuaca yang tak menentu. Apalagi jika kamu berlibur ke luar negeri, biasanya kamu akan lebih banyak jalan kaki. Ketika hujan kedua benda ini bisa jadi penyelamat.

  • Menikmati wisata outdoor bukan masalah

Siapa bilang kamu tidak bisa merasakan keseruan wisata outdoor saat cuaca buruk? Untuk kamu yang hobi menikmati keindahan bawah laut, wisata air di Ambon bisa jadi pilihan saat musim hujan. Pasalnya, tempat wisata Ambon kerap kali dikunjungi oleh wisatawan saat musim hujan karena beberapa pantai seperti pantai Laha, Silale, dan Pintu Kota memiliki visiblitas yang baik untuk snorkeling.

  • Saatnya wisata kuliner!

Gagal berkunjung ke tempat wisata impianmu saat musim hujan? Semangkuk sup hangat mungkin bisa mengobati kekecewaanmu. Dingin-dingin begini, paling nikmat untuk berburu kuliner hangat atau kuliner khas di destinasi wisatamu.

  • Cari alternatif wisata indoor

Kegiatan seru tak hanya bisa dilakukan di luar ruangan, lho. Kamu juga bisa mencari alternatif wisata indoor seperti museum, indoor theme park, art-space, dan lain-lain. Lumayan untuk menambah koleksi selfie-mu.

  • Create a back-up plan!

Last but not least, membuat backup plan sangat penting ketika berlibur di musim hujan. Ketika itinerary-mu tak sesuai dengan yang telah direncanakan, kamu bisa membuat itinerary cadangan untuk berjaga-jaga ketika hujan turun. Misalnya ketika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata outdoor lalu hujan turun, kamu bisa menjalankan agenda cadangan seperti misalnya stay di tempat penginapan dan mengedit foto-foto liburan.

Gimana, ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan saat cuaca tak menentu, bukan? Intinya, jangan biarkan hal-hal yang tak terduga membuatmu mood-mu jadi semakin buruk. Jangan lupa juga persiapkan asuransi perjalanan terbaik agar perjalananmu semakin seru!