Berinteraksi dengan Hiu Paus di Perairan Gorontalo

Indonesia memang memiliki banyak spot wisata perairan yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah di perairan Gorontalo, tepatnya di Botubarani, yang menyajikan pemandangan yang cukup berbeda. Jika cukup beruntung, kamu bisa bertemu dengan hiu paus (Rhyncodon typus), ikan terbesar yang cukup sulit ditemukan. Sekilas tentang hiu paus, hewan ini termasuk hiu pemakan plankton yang hidup di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat, salah satunya di perairan Gorontalo ini.

Namun ingat, jika ingin melihat kemunculan hiu paus, kamu harus merencanakan tripmu dengan baik. Pasalnya, hiu paus ini tidak bisa ditemukan begitu saja dan hanya bisa dilihat secara musiman. Beberapa faktor dapat memengaruhi kedatangan hiu paus ini, misalnya seperti kondisi bulan di langit, dan arus air laut. Saat menjelang bulan mati, hiu paus akan lebih sulit untuk ditemui. Sementara itu, ketika musim hujan, biasanya air laut terlihat lebih keruh sehingga hiu paus sulit terlihat. Maka dari itu, kamu harus memastikan waktu yang tepat saat berlibur kesana.

Untuk mencapai perairan Botubarani, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota. Sesampainya di sana, biasanya para wisatawan menyewa perahu nelayan atau kapal untuk berlayar di perairan. Hiu paus sepanjang 3-9 meter bisa terlihat dari atas kapal. Namun jika ingin sesuatu yang lebih menantang, kamu bisa membayar tarif tambahan untuk melakukan snorkeling untuk berenang bersama hiu paus.

Tak perlu khawatir, meskipun memiliki ukuran yang besar, hiu paus termasuk hewan laut yang cukup jinak. Meski demikian, kamu tetap harus mematuhi beberapa peraturan dan arahan pemandu. Di antaranya, pengunjung tidak boleh memegang atau bahkan memprovokasi hiu paus agar mendekat. Usahakan untuk tetap menjaga jarak dengan hiu paus agar kamu tetap aman dan hiu paus pun tidak akan merasa terancam. Selain itu, pengunjung juga tidak diperbolehkan untuk memberi makanan dan mengambil foto dengan lampu flash. Durasi untuk melihat dan berenang bersama hiu paus pun dibatasi.

Karena daya tariknya yang luar biasa, Gorontalo juga semakin populer di mata wisatawan asing. Banyak wisatawan dari mancanegara seperti Selandia Baru, Belanda, Denmark, dan lain-lain datang untuk menyaksikan hiu paus.

Kalau kamu pecinta wisata laut, jangan sampai melewatkan pengalaman berharga untuk bertemu dengan hiu paus di perairan Gorontalo. Rencanakanlah trip spesialmu dan jangan lupa siapkan asuransi perjalanan sebelum berpetualang untuk menghindari kerugian akibat risiko-risiko yang mungkin terjadi. Selamat berwisata!