Awas, Ini Risikonya Suka Menggunakan Sparepart Palsu Untuk Mobil

Sparepart asli biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Saat kamu harus mengganti hanya satu sparepart saja, mungkin hal tersebut bukan masalah. Namun, ketika mobil mengalami masalah yang cukup berat dan harus mengganti beberapa sparepart sekaligus, maka hal ini akan menjadi masalah karena artinya kamu harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak sekaligus. Kondisi seperti inilah yang seringkali membuat para pemilik mobil akhirnya memilih untuk menggunakan sparepart palsu.

Yap, sebenarnya sebagian dari pengguna sparepart palsu tersebut sadar bahwa yang digunakannya itu tidaklah asli. Hanya saja, karena masalah yang telah dijelaskan tadi, membuat mereka terpaksa memilih sparepart palsu agar setidaknya mobil tetap bisa digunakan. Padahal, penggunaan sparepart tersebut sangat berbahaya, dan berikut ini adalah beberapa dampaknya:

  • Bentuk atau ukuran tidak standar

Jika hanya dilihat sepintas, sparepart palsu memang sangat mirip dengan sparepart asli. Namun, perbedaan akan mulai terlihat saat sparepart ini akan dipasang pada kendaraan. Biasanya, ada bagian yang kurang pas sehingga perlu dilakukan sedikit modifikasi. Misalnya proses pemotongan, penghalusan, dan lainnya untuk membuat sparepart ini dapat dipasang. Akibatnya, proses pemasangan akan memakan waktu yang cukup panjang.

  • Merusak sparepart lainnya

Bentuk yang kurang pas ini akan mempengaruhi sparepart lain yang terhubung dengan sparepart palsu tersebut. Sparepart asli yang seharusnya masih dapat digunakan, akan menjadi lebih cepat rusak sehingga harus dilakukan penggantian lebih awal.

  • Kinerja tidak maksimal

Tentu saja, kinerja sparepart palsu tidak akan sebaik yang asli. Seringkali, beberapa fungsi pada mobil justru menjadi terganggu akibat penggunaan sparepart palsu. Bahayanya, jika sparepart tersebut digunakan untuk sistem yang berkaitan dengan keselamatan, seperti sistem pengereman, tentunya dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Sparepart original memang lebih mahal, tetapi lebih awet dan aman digunakan. Jika kamu masih khawatir dengan masalah biaya perbaikan, ada baiknya jika melindungi mobil dengan asuransi mobil terbaik yang akan menanggung seluruh biaya perbaikan mobil kesayangan selama masih memenuhi ketentuan dalam polis. Jadi, kamu bisa berkendara dengan tenang tanpa khawatir dengan masalah tersebut.