Aturan yang Wajib Diketahui Sebelum ke Bali

Ketika kamu berwisata ke luar negeri, kamu mungkin menyadari perbedaan aturan yang ada di sana bila dibandingkan dengan Indonesia. Itulah sebabnya, penting untuk mencari tahu aturan yang ada di negara yang akan dikunjungi agar kamu tidak melanggarnya sehingga menimbulkan masalah. Namun, sadarkah kamu bahwa sebenarnya hal mengenai peraturan tersebut tidak hanya berlaku ketika berwisata ke luar negeri saja? Sebab, saat kamu berwisata di dalam negeri sekalipun, beberapa daerah memiliki aturan-aturan wajib yang harus diketahui dan ditaati oleh siapapun yang berada di sana. Salah satunya yaitu Bali.

Yap, sebagai daerah yang masih sangat kental dengan adat dan budayanya, Bali memang masih memiliki aturan serta kepercayaan turun temurun yang masih terus dilakukan oleh penduduk aslinya. Nah, jika kamu saat ini sedang berencana untuk berwisata ke Bali, ada beberapa aturan yang harus kamu ketahui dan taati, antara lain:

  • Sesuaikan pakaian dengan lokasi yang dikunjungi

Mungkin kamu sering melihat banyak wisatawan di Bali yang menggunakan pakaian terbuka berjalan-jalan di berbagai tempat. Namun, bukan berarti kamu bisa berpakaian terbuka di semua tempat, ya! Apalagi, sebagian besar tempat wisata di sana adalah pura atau tempat ibadah yang masih aktif dimanfaatkan untuk beribadah. Sebaiknya, jika kamu berencana untuk berwisata ke pura, gunakanlah pakaian yang sopan dan tertutup.

  • Jangan menyentuh sesajen

Saat berwisata ke Bali, kamu mungkin akan menemukan banyak sesajen yang terpasang di berbagai tempat. Tidak peduli di manapun kamu melihatnya, jangan pernah menyentuhnya apalagi merusaknya. Meskipun mungkin saat kamu melakukannya tidak ada orang yang melihatnya, hal tersebut tetap saja tidak boleh dilakukan.

  • Hormati prosesi ibadah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak tempat wisata di Bali adalah tempat ibadah yang masih aktif digunakan. Artinya, mungkin saja saat kamu berwisata ke suatu tempat, kamu memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana prosesi ibadah mereka. Namun, ada beberapa aturan yang perlu kamu ketahui, antara lain jangan berisik, jangan mengganggu, dan jangan mengabadikan momen tersebut (memotret) menggunakan lampu flash.

Mengenai aturan lainnya, pada dasarnya sama seperti ketika kamu berwisata ke tempat lain. Seperti harus menjaga kebersihan, menaati aturan lalu lintas, menghormati penduduk setempat serta kepercayaannya, dan sebagainya. Nah, setelah tahu apa saja aturannya, semoga kegiatan wisatamu di Bali berjalan lancar tanpa halangan, ya! Namun, supaya kamu bisa lebih tenang, jangan lupa untuk beli asuransi perjalanan online. Dengan begitu kamu akan aman dari risiko kerugian finansial yang mungkin terjadi saat berwisata.