Asyiknya Mengeksplorasi Pulau Jawa dengan Kereta Api

Kalau memang keinginan keliling Indonesia belum bisa terwujud, kenapa tidak mulai keliling Jawa terlebih dahulu saja? Pulau Jawa yang terbentang luas memiliki berbagai keindahan alam dan juga wisata yang menyenangkan.

Lebih seru lagi jika keliling Jawa dengan menggunakan kereta api. Selain terhindar dari kemacetan, tiket kereta api juga relatif lebih murah dibandingkan dengan pesawat untuk tujuan yang sama. Ada berbagai pilihan kelas kereta api yang bisa kamu pilih: ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Untuk perjalanan yang lebih nyaman, kamu bisa memilih kereta eksekutif.

Meskipun butuh waktu yang lama untuk sampai ke tujuan, perjalanan di kereta api tidak akan membosankan. Sebab, kamu bisa menikmati pemandangan sepanjang jalan. Mulai dari rumah penduduk, aktivitas warga, hingga pemandangan seperti perkebunan dan sawah hijau yang indah.

Nah, jika kamu ingin memulai perjalanan dari Jawa Barat, kamu bisa mengikuti rute seperti berikut ini:

  • Letaknya di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah membuat Cirebon memiliki keragaman budaya, sejarah, dan etnis. Stasiun Cirebon (Kejaksan) pun terletak di pusat kota, jadi kamu bisa mampir untuk belanja oleh-oleh atau kuliner.
  • Setelah memasuki Jawa Tengah, kamu bisa mampir ke Semarang. Kota ini menyuguhkan berbagai macam tempat wisata yang menarik. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Lawang Sewu, gedung peninggalan Belanda ini memiliki seribu pintu dan sejarah yang menarik.
  • Kota ini wajib dikunjungi dalam perjalanan keliling Jawa. Sebaiknya kamu menginap beberapa malam di Yogyakarta karena terdapat beragam tempat wisata, mulai dari wisata budaya hingga kuliner.
  • Sesampainya di Jawa Timur, jangan lupa berkunjung ke Surabaya. Kota Pahlawan ini juga menyuguhkan banyak tempat wisata. Kamu bisa berfoto-foto di Tugu Pahlawan, berbelanja di Tunjungan Plaza, dan menikmati rujak cingur, makanan khas Surabaya.
  • Kota Apel ini juga semakin populer di mata wisatawan. Berbagai macam wisata alam yang indah dan kuliner yang enak serta murah bisa ditemukan di sini. Wisata di Malang dijamin bisa menjadi penutup perjalanan keliling Jawa yang sempurna.

Selain kelima kota di atas, kamu juga bisa mampir ke beberapa kota lain seperti Bandung, Solo, Banyuwangi, dan lain-lain. Dengan menggunakan kereta api, wisata keliling Jawa akan terasa lebih berkesan. Namun, jika kamu ingin merasakan pengalaman yang mewah dan berkesan, kamu bisa menggunakan kereta wisata. Tiket kereta wisata ini tentu lebih mahal dibandingkan kereta api biasanya tapi harga tersebut sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Meskipun naik kereta api terbilang cukup aman, tetap ada risiko-risiko selama perjalanan. Karena itu, jangan lupa untuk memiliki Asuransi Wisata Aman sebelum berkeliling Pulau Jawa!