Asyiknya Berenang Bersama Ubur-Ubur di Pulau Kakaban

Para pecinta wisata bahari, pernahkah kamu membayangkan bagaimana serunya berenang bersama ratusan ubur-ubur tanpa takut tersengat? Kalau begitu, kamu wajib datang ke Pulau Kakaban paling tidak sekali seumur hidup.

Pulau Kakaban merupakan salah satu dari 31 pulau di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Di pulau ini terdapat danau air laut yang terbentuk karena naiknya atol atau pulau karang. Memiliki luas 774 hektare, Danau Kakaban merupakan danau air payau terbesar di dunia.

Danau Kakaban ini dipenuhi oleh ekosistem unik, termasuk beragam jenis ubur-ubur yang tidak menyengat. Bagaimana bisa? Menurut para ahli, sebenarnya ubur-ubur yang terdapat dalam Danau Kakaban tidak sepenuhnya kehilangan sengatan. Namun karena tidak adanya predator yang mengancam, ubur-ubur di danau ini telah berevolusi dan sengatannya pun melemah. Jadi, kamu tak perlu khawatir terkena sengatan saat menyelam di danau air asin ini.

Dari tepi danau saja, kamu sudah disambut beragam ubur-ubur cantik yang berenang mengelilingi tepian. Terdapat empat jenis ubur-ubur tanpa sengat yang bisa ditemukan. Beberapa di antaranya adalah ubur-ubur bulan (Aurelia aurita) yang nampak seperti piring kaca, ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora) yang lebih mungil, ubur-ubur totol (Mastigias papua) yang terlihat seperti lampu pijat warna biru kecoklatan, lalu ada  juga ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata) yang berenang secara terbalik. Unik ya? Ubur-ubur yang biasanya paling mudah ditemui di Danau Kakaban adalah ubur-ubur totol dan ubur-ubur terbalik.

Tentunya berenang bersama ubur-ubur terasa sangat mengasyikkan. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap mematuhi peraturan agar kamu tidak menyakiti hewan yang ada saat berenang. Beberapa peraturan yang perlu diingat yakni, gerakan berenang harus tenang dan tidak boleh terlalu heboh supaya tidak membahayakan ubur-ubur yang ada di sekeliling. Penggunaan fin atau kaki katak juga tidak diperbolehkan di danau ini karena khawatir akan mengganggu ubur-ubur dan melukainya. Kemudian, sebaiknya tidak menyentuh bahkan memegang ubur-ubur terlalu kuat, cukup nikmati sensasi ketika kamu berenang bersama ubur-ubur.

Selain ubur-ubur, di Danau Kakaban juga terdapat spesies ikan yang jarang ditemui seperti serinding, puntang, teri karang, dan ikan julung-julung. Keindahan alam di Danau Kakaban juga tidak perlu diragukan lagi. Danau air payau terbesar ini dikelilingi oleh pepohanan rindang dan di sisi luar Pulau Kakaban juga terdapat tebing tinggi yang semakin menambah keindahan.

Tertarik untuk menjelajahi Pulau Kakaban dan berenang bersama ubur-ubur? Segera miliki asuransi liburan terbaik dan rencanakan trip ke Kalimantan Timur, yakni Pulau Kakaban. Kapan lagi kamu bisa menikmati serunya berenang bersama ubur-ubur di alam bebas?