7 Tips Aman Untuk yang Baru Pertama ke Luar Negeri

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang tertarik berwisata ke luar negeri. Hal ini terlihat dari begitu larisnya tiket promo dan open trip ke berbagai negara baik di Asia maupun benua lainnya. Namun terkadang ada beberapa wisatawan yang merasa ragu untuk berwisata ke negara lain untuk pertama kalinya. Apalagi jika wisata ini dilakukan sendiri tanpa menggunakan travel agent.

Memang sih adanya perbedaan bahasa, kebiasaan dan budaya akan mempersulit kita ketika membutuhkan bantuan saat berwisata di negara lain. Akan tetapi, jika mengikuti 7 tips berikut ini kita tidak perlu lagi khawatir:

  1. Persiapkan dokumen

Di Indonesia kita hanya membutuhkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagai tanda pengenal. Namun jika di luar negeri kita akan menggunakan passport, dibeberapa negara memberlakukan bebas Visa namun ada beberapa negara yang tetap membutuhkan Visa sebagai kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Jadi pastikan untuk membawa dokumen tersebut saat berjalan-jalan berdasarkan negara tujuan.

  1. Reservasi tiket pesawat dan penginapan

Jika sudah merencanakan kepergian, segera lakukan pembelian tiket pesawat PP (Pergi Pulang). Biasanya jika jaraknya masih lama kita masih bisa mendapatkan harga promo. Pastikan juga untuk booking penginapan selama kita berlibur. Pilih penginapan yang menerapkan aturan free cancelation sehingga kita tidak akan mengalami kerugian jika terjadi perubahan rencana. Bukti pembelian tiket dan booking penginapan ini juga sering diminta saat proses pembuatan visa.

  1. Beli asuransi perjalanan

Kita tentunya ingin perjalanan yang telah direncanakan jauh hari dapat berjalan dengan lancar dan nyaman. Untuk melindungi kita dari banyak hal yang tak pasti, adalah pilihan yang tepat bila kita melengkapinya dengan perlindungan asuransi perjalanan. Tidak perlu risau saat ini banyak pilihan perlindungan dengan premi yang ramah di kantong, dan lebih lagi saat ini pembelian dapat dilakukan lebih mudah melalui portal penjualan asuransi online.

  1. Kenali negara tujuan dan buat detail perjalanan

Pelajari berbagai hal terlebih dahulu tentang negara yang akan kita kunjungi. Seperti kebudayaan, aturan dan kebiasaan mereka. Dengan begitu kita tidak akan mengalami masalah akibat melanggar aturan atau kebiasaan masyarakat sana. Kita juga sebaiknya memperhatikan mengenai aturan terkait kesehatan, seperti kewajiban melakukan vaksin sebelum mengunjungi negara tersebut.

Agar perjalanan anda maksimal, rencanakan lokasi atau kota mana saja yang akan dikunjungi termasuk tempat wisatanya.

  1. Tukarkan uang di Indonesia

Sebaiknya lakukan penukaran uang saat masih berada di Indonesia. Sebab terkadang nilai uang rupiah akan semakin rendah jika kita menukarkannya setelah sampai di negara tujuan. Lagipula dengan menukarkan terlebih dahulu di Indonesia, kita tidak perlu pusing mencari money changer saat sampai di sana.

  1. Buat rencana perjalanan dan pelajari moda transportasi

Supaya perjalanan kita lebih efektif, buatlah rencana perjalanan berdasarkan periode hari kita berwisata, usahakan agar rencana perjalanan yang utama ditempatkan di hari pertama, sehingga tujuan awal kita mengunjungi negara tersebut bisa terpenuhi. Pelajari juga moda transportasi umum yang dipergunakan, termasuk rute yang akan dilalui, baik kereta api, bis maupun lainnya.

Di beberapa negara pihak pengelola transportasi akan menjual kartu terusan untuk turis yang dapat dipergunakan di beberapa moda transportasi umum, biasanya kartu terusan ini dijual di bandara maupun di stasiun kereta api atau MRT. Pastikan kartu terusan yang dibeli sesuai dengan periode hari perjalanan.

  1. Bawa barang yang penting

Ingat, hanya bawa barang yang penting saja agar tidak menyusahkan saat berlibur nanti. Tidak mungkin kan kita selalu meminta tolong pada orang untuk membawakan barang-barang kita saat berlibur nanti? Jadi buatlah perencanaan mengenai pakaian yang akan digunakan selama di sana dan juga sesuaikan dengan kondisi cuaca pada saat kita berwisata.

  1. Belajar bahasa inggris dasar

Tidak bisa bahasa inggris? Jangan panik. Pelajari saja bahasa inggris dasar yang umum digunakan. Misalnya seperti kalimat sapa, menanyakan arah, dan ucapan terima kasih.

Jika ini adalah perjalanan pertama ke luar negeri, kita juga bisa mengajak seseorang yang sebelumnya sudah pernah mengunjungi tempat tersebut atau sudah sering berwisata ke luar negeri. Dengan begitu, kita akan merasa lebih aman karena ada seseorang yang berpengalaman menemani kita.