7 Tips Aman dan Menyenangkan Traveling dengan Bayi

Boleh atau tidak sih traveling dengan membawa bayi? Aman atau tidak? Apa nanti bakal merepotkan? Hmm, mungkin berbagai pertanyaan tersebut sering terlintas dalam pikiran kamu yang memiliki anak bayi saat merencanakan travelling bersama si buah hati. Hal tersebut wajar, karena bayi cenderung masih rentan dengan berbagai macam penyakit. Selain itu, bayi seringkali rewel ketika menemui situasi baru, sehingga terkadang membuat perjalanan menjadi kurang nyaman.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar perjalanan aman dan tetap menyenangkan meskipun membawa bayi. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah 7 tips aman dan menyenangkan traveling dengan bayi:

  1. Perhatikan kesehatan bayi. Sebab, perjalanan pasti akan membuat bayi merasa lel Jadi, pastikan kondisi bayi sedang sehat sebelum memulai perjalanan.
  2. Pilih tempat wisata yang ramah untuk bayi. Sebaiknya, hindari tempat wisata yang dipenuhi suara keras karena bayi pada umumnya masih sensitif dengan suara keras.
  3. Siapkan makanan dan snack favorite bayi. Terkadang bayi akan menangis dan rewel ketika ia lapar dan bosan, maka jangan lupa untuk menyiapkan makanan dan snack favorit bayi karena terkadang menu yang disediakan di pesawat, kereta, ataupun transportasi umum lainnya tidak sesuai dengan selera bayi.
  4. Letakkan semua keperluan bayi dilokasi yang mudah dijangkau, khususnya untuk barang tertentu yang akan sering digunakan. Misalnya botol susu, mainan, popok, dan beberapa set pakaian ganti.
  5. Peralatan penting untuk bayi jangan sampai ada yang tertinggal. Beberapa di antaranya yaitu botol susu, mainan, dan stroller
  6. Untuk perjalanan menggunakan pesawat, ada baiknya jika kamu mengonsultasikan kesehatan bayi pada dokter terlebih dahulu. Sebab, ada beberapa bayi yang telinganya merasa sakit akibat perubahan tekanan udara. Jika kondisi kesehatan bayi tidak memungkinkan, ada baiknya menunda kepergian dengan pesawat hingga usia anak sudah lebih dewasa.
  7. Pastikan bayi kamu mengenakan baju yang nyaman dan sesuaikan dengan kondisi cuaca. Banyak orangtua yang selalu merasa takut anaknya kedinginan hingga selalu memakaikan baju tertutup atau selimut untuk bayinya. Padahal, memakaikan kedua benda tersebut saat cuaca panas justru bisa membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel.

Selain menerapkan ketujuh cara di atas, ada baiknya jika kamu tidak mengabaikan satu hal penting lainnya, yaitu melindungi perjalanan dengan beli asuransi perjalanan secara online. Khususnya jika si buah hati sudah memenuhi persyaratan batas usia minimum yang boleh didaftarkan menjadi peserta asuransi.