5 Festival Tahunan di Dunia yang Sayang Untuk Dilewatkan

 

Festival sering menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi suatu tempat. Bahkan, banyak wisatawan yang dengan sengaja datang di hari tepat diadakannya sebuah festival. Itulah alasannya mengapa terkadang harga tiket, penginapan menjadi lebih tinggi karena waktu tersebut termasuk ke dalam peak season. Meskipun begitu, harga tidaklah menjadi masalah bagi mereka yang memang datang dengan tujuan melihat festival tersebut.

Nah, jika kamu termasuk salah satu di antaranya dan saat ini sedang bingung menentukan festival yang ingin dikunjungi, berikut ini adalah 5 festival tahunan di dunia yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Holi

Bagi pecinta film atau budaya India, pasti sudah sangat mengenal festival ini. Festival ini sering juga disebut Festival of Colors (Festival Warna). Wajar saja, karena semua orang merayakannya dengan saling melemparkan bubuk berwarna dan juga air berwarna. Sehingga semua tubuh peserta akan dipenuhi dengan berbagai warna, seperti merah, kuning, dan sebagainya. Festival yang dirayakan oleh umat Hindu ini memiliki makna sebagai rasa syukur atas keberhasilan panen, dan juga perayaan kemenangan atas kebaikan dalam melawan kejahatan. Festival of Colors dirayakan ketika bulan purnama di bulan Maret setiap tahunnya. Meskipun sudah banyak negara lain yang juga ikut merayakan festival ini, tetapi kalau kamu ingin merasakan keseruan festival ini yang sesungguhnya, ada baiknya datang ke India pada tanggal 21 Maret 2019.

  1. Songkran

Songkran adalah salah satu acara penting dalam kalender Buddha dan dirayakan pada bulan April. Festival ini diadakan di Thailand dan menandakan awal dari tahun yang baru di Thailand. Pada festival ini, air menjadi elemen yang sangat penting karena semua orang bebas menyiramkan air pada siapapun di sekitarnya. Jadi, jika kamu berkunjung ke sana pada waktu perayaan, jangan kaget ya kalau tiba-tiba kamu disiram!

  1. Burning Man

Meskipun nama festival ini terdengar sedikit menakutkan, tetapi Burning Man Festival sangat terkenal dikalangan para pecinta seni. Sebab festival ini memberikan kesempatan pada para pengkreasi seni untuk menunjukkan hasil karyanya kepada seluruh pengunjung festival atau yang disebut dengan burner. Namun, kegiatan paling seru dari festival ini yaitu ritual pembakaran patung kayu yang disebut dengan the man. Pada tahun 2019, Burning Man Festival akan diadakan pada tanggal 26 Agustus 2019 hingga 2 September 2019 di Amerika Serikat bagian barat, tepatnya di Black Rock City.

  1. Harbin Ice and Snow

Untuk kamu yang suka dan tahan dengan suhu dingin, ini adalah festival yang sangat cocok untuk dikunjungi. Harbin Ice and Snow merupakan festival tahunan yang diadakan di China, tepatnya di Provinsi Heilongjiang pada tanggal 5 Januari hingga 5 Febuari. Pada festival ini, kamu bisa menikmati pahatan es dalam berbagai bentuk. Tidak hanya bentuk-bentuk kecil saja, kamu juga bisa menikmati pahatan berukuran besar seperti patung Buddha yang dibuat dari salju dengan ukuran lebih dari 4.500 meter persegi. Selain itu, ada juga patung es yang tingginya mencapai 47 meter. Luar biasa sekali, kan?

 

  1. Hanabi

Hanabi atau festival kembang api, merupakan salah satu acara penting ketika musim panas di Jepang. Festival ini diadakan diberbagai daerah di Jepang dan setiap daerah memiliki keistimewaannya masing-masing. Dalam festival ini, kamu bisa menikmati berbagai kuliner khas Jepang, permainan khas Jepang, dan kamu juga bisa menggunakan Yukata.  Sebab, masyarakat Jepang sendiri biasanya datang ke Hanabi Festival dengan menggunakan pakaian khas Jepang tersebut. Semua spot terbaik untuk menikmati keindahan kembang api pada puncak acara biasanya sudah penuh beberapa jam sebelum acara. Bahkan, pada beberapa tempat, spot terbaik ini menggunakan tiket dan sangat laris sekali diburu oleh masyarakat Jepang.

Setiap festival memiliki keunikannya masing-masing, ada yang menggunakan bubuk berwarna, air, api, es, dan kembang api. Jangan lupa persiapkan asuransi perjalanan yang bisa diandalkan untuk menemanimu mengunjungi festival-festival ini. Di antara kelima festival tersebut, mana yang paling menarik perhatianmu?