5 Cara Ampuh Mengatasi Mabuk Perjalanan Darat

Mabuk saat perjalanan adalah hal yang menyebalkan. Tidak hanya karena akan membuat kamu merasa tidak nyaman sepanjang perjalanan, tetapi juga dapat membuat orang di sekitarmu merasa kurang nyaman. Apalagi jika perjalanan harus sering berhenti karena kamu mabuk, pastinya akan terasa sangat mengganggu, bukan?

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini adalah 5 cara ampuh untuk mengatasi masalah mabuk perjalanan darat yang bisa kamu coba:

  1. Makan sebelum perjalanan

Banyak orang yang tidak mau makan sebelum perjalanan karena takut muntah. Padahal cara ini salah, karena perut yang kosong justru meningkatkan kemungkinan terjadinya rasa mual saat perjalanan. Ada baiknya jika kamu makan terlebih dahulu tetapi jangan sampai berlebihan. Selain itu, pilih menu makanan yang aman dan tidak membuat mual (bisa berbeda pada setiap orang).

  1. Jangan membaca buku atau bermain gadget

Gerakan yang terjadi pada saat perjalanan menyebabkan kamu mengalami kesulitan untuk fokus pada satu titik. Hal ini akan mempengaruhi organ keseimbangan yang ada di telinga sehingga menimbulkan rasa mual dan kepala yang terasa berputar. Ketika kamu membaca buku atau bermain gadget, masalah ini akan semakin parah karena kamu memaksakan diri untuk fokus pada buku atau gadget. Lebih baik jika kamu mendengarkan musik saja untuk menghilangkan kejenuhan selama perjalanan.

  1. Bawa camilan yang bersifat menyegarkan

Mengonsumsi camilan pada saat perjalanan sangat disarankan untuk kamu yang memiliki masalah mabuk perjalanan. Namun, perhatikan baik-baik jenis camilan yang dikonsumsi. Hindari membawa camilan yang dapat memancing rasa mual dan sebaiknya pilihlah camilan yang menyegarkan. Misalnya buah jeruk, strawberi, atau buah-buahan segar lainnya.

  1. Cari posisi nyaman

Carilah posisi yang paling terasa nyaman menurut kamu. Misalnya saat perjalanan menggunakan mobil dengan 3 baris tempat dudduk, ada baiknya jika kamu duduk di depan atau di tengah. Sebab, bagian belakang biasanya akan mengalami guncangan paling kuat dan dapat memicu munculnya rasa mual.

  1. Gunakan minyak angin

Minyak angin bisa menjadi obat yang ampuh untuk mencegah munculnya rasa mual. Kamu bisa menghirup aromanya atau mengoleskannya di area perut terutama bagian pusar beberapa saat sebelum perjalanan.

Selain mencoba kelima cara di atas, ada baiknya jika kamu juga mengonsumsi obat anti mabuk sebelum memulai perjalanan. Obat tersebut biasanya mengandung penenang yang dapat membuatmu mengantuk dan tidur saat dalam perjalanan. Nah, supaya kamu bisa merasa lebih tenang selama perjalanan, jangan lupa untuk melindungi perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan yang dapat dibeli di MSIG Online. Sebab, pikiran yang tidak tenang ternyata juga bisa menjadi faktor pemicu munculnya rasa mual, loh! Dengan menggunakan asuransi, pikiranmu akan tenang selama perjalanan sehingga kamu juga bisa terhindar dari masalah mual saat perjalanan.