5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Coba Solo Traveling

Biasanya traveling dilakukan berdua atau beramai-ramai supaya lebih seru. Jika dilakukan sendirian, rasanya traveling akan terasa lebih ribet dan membosankan. Eits, tunggu dulu! Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari solo traveling, lho. Kamu harus mencobanya paling tidak sekali seumur hidup. Mengapa? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Menemukan jati diri

Mengenal diri sendiri ternyata bukanlah hal yang sederhana. Banyak orang yang belum mengetahui siapa diri mereka dan belum menyadari tujuan hidup secara pasti. Jika kamu juga merasa belum begitu mengenal dirimu sendiri, jangan khawatir. Saat solo traveling, kamu akan memiliki kesempatan untuk mendengarkan diri sendiri. Kamu pun dapat merenungi berbagai macam keputusan dan mengetahui apa yang paling kamu minati tanpa intervensi pendapat orang lain.

  • Merasakan kebebasan

Tentunya traveling sendirian akan membuatmu merasa lebih bebas. Terkadang traveling bersama-sama pun juga tidak selalu berjalan mulus. Perdebatan bisa saja terjadi jika partner traveling-mu tidak menyetujui sebuah keputusan yang kamu buat. Beda halnya jika kamu melakukan solo traveling. Kamu pun bebas menentukan keputusan yang terbaik menurutmu.

  • Memperluas wawasan dan menambah teman

Solotraveling bukan berarti kamu harus selalu sendirian. Pastinya di tempat tujuan kamu akan bertemu dan berkenalan dengan orang baru. Siapa tahu orang yang baru kamu kenal akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan. Apalagi jika kamu berlibur ke luar negeri. Selain menambah teman, kamu pun bisa memperluas wawasan tentang budaya dan bahasa, saat berbincang-bincang atau jalan-jalan bersama mereka.

  • Lebih percaya diri

Solo traveling juga akan membuatmu lebih percaya diri lho. Pastinya saat bepergian sendiri, kamu harus memecahkan semua masalah sendiri dan keluar dari comfort zone. Setelah kamu berhasil menyelesaikan masalah tersebut sendiri, maka kamu akan merasa lebih berani dan menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

  • Lebih bersyukur dan bijaksana

Memang solo traveling bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Mungkin kamu akan membutuhkan bantuan orang lain dalam suatu waktu. Namun kesulitan yang kamu alami  akan membuatmu mengerti betapa pentingnya untuk membantu sesama. Kamu pun akan bersyukur dan menyadari bahwa banyak orang yang di sekitar yang peduli padamu.

Pada dasarnya, solo traveling dapat memberikan kesempatan padamu untuk menjadi karakter yang lebih baik lagi. Nah, supaya kamu lebih tenang saat melakukan solo traveling, maka jangan lupa untuk mendaftar asuransi perjalanan terbaik dari MSIG sebelum memulai perjalanan. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih aman dan tenang saat berpetualang karena perusahaan asuransi akan siap membantu ketika kamu mengalami risiko dalam perjalanan.