4 Negara Ini Bebas Kamu Kunjungi Tanpa Visa

 

Siapa bilang berlibur ke luar negeri itu merepotkan? Memang sih untuk beberapa negara kamu harus repot mengurus berbagai dokumen seperti visa yang merupakan syarat wajib untuk masuk ke negara tersebut. Namun ternyata, cukup banyak negara yang mulai memberikan fasilitas bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia.

Yap, di pertengahan tahun ini, tercatat sudah ada 77 negara yang memberikan kebijakan bebas visa ataupun VoA (Visa on Arrival) pada WNI (Warga Negara Indonesia). Kebijakan ini tentunya sangat membahagiakan, karena kamu tidak perlu repot menyiapkan dokumen pengurusan visa, serta tidak perlu mengeluarkan uang juga untuk hal tersebut.

Nah, di antara ke-77 negara yang memberikan kebijakan tersebut, berikut ini adalah 4 di antaranya:

  • Brazil

Brazil merupakan salah satu negara yang belum lama menyepakati kebijakan bebas visa untuk WNI. Kesepakatan ini tercapai pada pertemuan bilateral antara Retno LP Marsudi, selaku Menteri Luar Negeri Republik Indonesia dengan Aloysio Nunes Ferreira, selaku Menteri Luar Negeri Brasil di Bogor pada 11 Mei 2018. Berdasarkan pada kesepakatan tersebut, WNI dapat mengunjungi Brazil untuk berwisata dengan batas waktu maksimal 30 hari. Jika lewat dari batas waktu tersebut, maka kamu tetap harus mengurus dokumen yang diperlukan.

  • Chili

Chili merupakan salah satu negara yang membebaskan visa untuk WNI, tetapi bebas visa ini hanya berlaku untuk wisatawan saja. Jika kamu berkunjung ke negara ini untuk keperluan lainnya, maka kamu tetap harus mengurus dokumen yang dibutuhkan. Batas waktu yang diberikan oleh Chili kepada wisatawan WNI terbilang cukup lama, yaitu 90 hari.

  • Fiji

Fiji merupakan negara tujuan wisata yang tidak kalah indah dengan Maldives dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Indonesia. Untuk kamu yang ingin mengunjungi negara ini, kamu juga tidak perlu khawatir dan repot mengurus Visa, karena negara ini membebaskan visa untuk WNI yang datang. Tidak hanya itu, batas waktu yang diberikan juga tidaklah sedikit, yaitu 120 hari.

  • Maroko

Sejak menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Maroko pada tahun 1956 lalu, hubungan Maroko dengan Indonesia terjalin dengan baik. Salah satu buktinya adalah dengan kebijakan bebas visa bagi WNI yang berkunjung ke negara tersebut. Batas waktu tinggal untuk WNI yang datang yaitu 90 hari.

Wah, pastinya akan semakin menyenangkan jika tambah banyak negara yang memberlakukan bebas visa bagi pemilik paspor Indonesia. Kamu jadi lebih bebas ke negara manapun yang diinginkan hanya dengan bermodalkan paspor. Namun, jangan lupa untuk mengecek masa berlaku paspor kamu sebelum berangkat, karena hanya paspor dengan masa berlaku lebih dari 6 bulan dan masih memiliki halaman kosong untuk cap imigrasi yang diperbolehkan masuk ke sebuah negara. Selain itu, jangan lupa juga untuk melindungi perjalananmu dengan asuransi perjalanan. Sebab, cukup banyak risiko bisa terjadi selama perjalananmu, salah satunya kehilangan dokumen perjalanan dan paspor, dan asuransi ini dapat membantumu mengatasi risiko tersebut. Selamat berwisata!