4 Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Keluarga

Sebelum memutuskan untuk membeli paket asuransi yang ditawarkan oleh pihak asuransi, alangkah baiknya kita harus mengetahui apa saja jenis-jenis asuransi yang seharusnya dimiliki oleh keluarga tercinta. Dengan mengetahui berbagai jenis asuransi ini, maka nantinya saat pembuatan asuransi kita tidak akan sulit memilih produk asuransi manakah yang cocok dipergunakan oleh keluarga.

Adapun beberapa jenis asuransi yang wajib dimiliki oleh anggota keluarga adalah sebagai berikut ini:

  1. Asuransi Kesehatan. Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang memiliki manfaat untuk menanggung biaya perawatan rumah sakit. Umumnya, biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi dikhususkan untuk pasien yang mengalami cedera serius, sakit parah, cacat, kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan, dan sebagainya. Untuk itu, sangat penting bagi kita memiliki asuransi kesehatan ini, sebab saat kita maupun keluarga terserang penyakit maupun mengalami cedera maka pihak asuransi pun akan menanggung biaya perawatan.
  2. Asuransi Jiwa. Selain asuransi kesehatan, kita juga wajib membuatkan keluarga tercinta kita asuransi jiwa. Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan untuk menanggung kerugian finansial yang diakibatkan oleh kematian. Namun, apabila asuransi jiwa ini dikaitkan dengan investasi, manfaat atau sejumlah dana yang seharusnya baru diterima setelah kematian ini bisa diambil sebelum nasabah asuransi meninggal dunia. Tidak hanya itu, asuransi satu ini pun bisa dibeli tidak hanya untuk diri kita sendiri, tapi bisa juga ditambahkan dengan keluarga utama yang nantinya manfaat asuransi ini bisa diwakilkan ke pihak ketiga.
  3. Asuransi Pendidikan. Ketika membangun sebuah keluarga, kita pun sebaiknya memiliki asuransi pendidikan yang nantinya bisa dipergunakan untuk biaya pendidikan sang buah hati, mulai dari awal mengenyam pendidikan dan berlanjut hingga menamatkan pada jenjang yang lebih tinggi. Karena manfaatnya dapat membantu biaya pendidikan, maka beban ekonomi keluarga di masa yang akan datang juga akan lebih ringan, mengingat biaya pendidikan mungkin saja akan semakin meningkat setiap tahunnya.
  4. Asuransi Rumah Tinggal. Kita juga wajib memiliki asuransi rumah tinggal. Kenapa? Dengan memiliki asuransi rumah tinggal ini, maka saat rumah ditimpa oleh berbagai bencana baik yang berasal langsung dari dalam rumah maupun luar rumah akan ditanggung oleh pihak asuransi. Salah satu manfaat yang diberikan berupa pergantian harta benda yang rusak akibat bencana, sehingga uang pertanggungan yang didapat, bisa dipergunakan untuk memperbaiki kembali rumah yang rusak.

Itulah beberapa jenis asuransi yang wajib dimiliki. Semoga membantu dan memberikan banyak manfaat!