10 Bandara Terbaik di Dunia Versi Skytrax

 

Pernahkah Anda mendengar Skytrax? Mungkin yang jarang melakukan travelling dengan pesawat, masih belum mengenalnya. Namun, bagi kamu yang sering melakukan travelling hingga sudah paham betul cara mendaftar Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri, mungkin sudah mengenalnya atau bahkan sudah pernah mengikuti voting yang diadakan oleh Skytrax. Skytrax, adalah sebuah organisasi yang berbasis di London, Inggris, dan bertanggung jawab untuk memberikan peringkat pada industri transportasi udara. Peringkat yang diberikan oleh Skytrax ini telah diakui secara internasional baik oleh maskapai maupun media di seluruh negara.

Setiap tahunnya, Skytrax akan mengumumkan hasil survei mengenai airport, maskapai, dan bagian lain yang berkaitan dengan penerbangan. Hasil survei ini didapatkan dari voting yang dilakukan oleh para traveller. Pada bulan Maret 2018 yang lalu, Skytrax kembali mengumumkan The World’s Top 10 Airports 2018 di Passenger Terminal Expo di Stockholm, Swedia. Dari hasil voting, airport di Asia mendominasi hampir keseluruhan peringkat tersebut. Nah, penasaran dengan hasilnya? Berikut ini adalah The World’s Top 10 Airports 2018 versi Skytrax:

  1. Frankfurt (Jerman)

Airport ini berlokasi di Kota Frankfurt, yang merupakan kota terbesar ke-5 di Jerman. Posisi bandara ini tidak mengalami perubahan dari peringkatnya di tahun lalu, yaitu di peringkat 10.

  1. Zurich (Swiss)

Zurich Airport atau Kloten Airport adalah bandara internasional terbesar di Swiss. Posisi bandara ini mengalami penurunan satu peringkat dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat 8.

  1. London Heathrow (Inggris)

London Heathrow Airport adalah bandara besar yang ada di London, Inggris, dan merupakan bandara tersibuk ke-2 di dunia berdasarkan jumlah penumpang internasional. Posisi bandara ini naik satu peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di peringkat 9.

  1. Centrair Nagoya (Jepang)

Centrair Nagoya Airport atau Chubu Centrair International Airport adalah bandara internasional yang berlokasi di Tokoname City, Aichi Prefecture, dan merupakan bandara tersibuk ke-8 di Jepang berdasarkan jumlah penumpang. Posisinya tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

  1. Munich (Jerman)

Munich Airport adalah salah satu bandara internasional besar yang berlokasi di dekat Munich dan merupakan bandara tersibuk ke-2 di Jerman. Posisi ini turun dua peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada di peringkat 4.

 

  1. Doha Hamad (Qatar)

Doha Hamad atau Hamad International Airport adalah sebuah bandara internasional yang berlokasi di Doha yang merupakan ibu kota Qatar. Posisinya naik satu peringkat dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat 6.

  1. Hong Kong (Hong Kong)

Hong Kong International Airport adalah bandara utama di Hong Kong yang dikenal juga dengan nama Chek Lap Kok Airport. Posisi bandara ini naik satu peringkat dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat 5.

  1. Tokyo Haneda (Jepang)

Tokyo Haneda International Airport merupakan bandara tersibuk ketiga se-Asia jika melihat dari jumlah penumpang tahunannya. Posisi bandara ini turun satu peringkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berada di peringkat 2.

  1. Incheon (Korea Selatan)

Incheon International Airport adalah bandara terbesar di Korea Selatan. Posisi bandara ini turun satu peringkat dibanding tahun sebelumnya yang berada di peringkat 3.

  1. Singapore Changi (Singapura)

Singapore Changi Airport merupakan salah satu pusat transportasi terbesar di Asia Tenggara. Ini menjadi kemenangan yang ke-6 bagi bandara Changi Airport dalam survei Skytrax.

Hmm, mungkin kamu bertanya-tanya, di mana ya posisi Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, berada? Tenang, Bandara Internasional tersebut masih berada di posisi 50 besar bandara terbaik di dunia, tepatnya berada di peringkat ke-45. Semoga saja, peringkat bandara di Indonesia bisa semakin baik ke depannya ya!